Kamis, 14 Januari 2010

Perencanaan dan Operasional Usaha

Nama : Intan Wulandari
44208010052

Kaidah Perencanaan Usaha

Perencanaan yang baik untuk sebuah usaha baru perlu dirumuskan, dan untuk itu, cobalah untuk berpikir dengan SMART (Specific, Measureable, Achievable, Reality, Trackable) yang dapat diuraikan satu persatu sebagai berikut :
  1. Specific, mengandung arti bahwa perencanaan yang dibuat tidak akan bermakna ganda, sehingga pencapaian tujuan akan lebih terarah karena dalam perencanaan tersebut lebih terfokus dan sangat jelas mengenai apa yang diinginkan.
  2. Measurable, perencanaan yang dibuat harus dapat terukur, sehingga kita akan tahu kapan perencanaan tersebut telah tercapai.
  3. Achieable, bahwa perencanaan yang telah dibuat tersebut harus dapat dicapai, jangan terlalu jauh memikirkan hal-hal yang besar, kita harus memmecahnya menjadi lebih kecil.
  4. Reality, dimana perencanaan yang baik perlu memenuhi syarat faktual dan realitis.
  5. Trackable atau Timely, setiap perencanaan yang telah dibuat dalam pencapaian tujuan usaha, harus dapat dilacak untuk mengetahui setiap kemajuan.
Penentuan lokasi dan fasilitas pendukung (layout)

Lokasi sangat menentukan keberhasilan suatu usaha, tanpa mempertimbangkan dengan baik dalam menentukan lokasi, maka akan berakibat pada sepinya pengunjung atau dapatnya perusahaan melakukan perluasan.
Pemilihan lokasi memiliki seni yang tinggi, bahkan ada wirausahawan yang sudah meramalkan bahwa keberadaanya akan sangat menentuakn kesuksesan usaha yang dijalankannya. Namun secara umum, jika lokasi jauh dari konsumen, maka akan menyulitkan konsumen untuk datang dan tersendatnya pasokan bahan baku yang diperlukan, sehingga akan muncul ekonomi biaya tinggi yang ujung-ujungnya akan merugikan dan membahayakan keberlangsungan hidup perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar