Rabu, 20 Januari 2010

Merancang Strategi Pemasaran

Oleh : Intan Wulandari
44208010052

Kurangnya pemahaman para pengusaha tentang pentingnya pemasaran selama ini mengakibatkan kurangnya upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pemasarannya. Pemasaran tidak hanya mengenai penjualan, pemasangan iklan, atau memajang produk di etalase saja, pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa yang tepat, pada waktu yang tepat, dan lokasi yang tepat pula. Kondidi tersebut akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Konsumen akan memperoleh barang atau jasa sesuai kebutuhan dan keinginannya, sedangkan produsen akan memperoleh keuntungan dari barang atau jasa yang dijualnya.

Anda dapat dikatakan berhasil dalam melakukan upaya pemasaran apabila telah menghasilkan dua hal berikut :
  1. Pembeli melakukan pembelian uang
  2. Pembeli merekomendasikan produk ke orang lain.
Untuk mendapatkan hasil pemasaran yang sesuai, maka secara umum dapat dilakukan proses pemasaran sebagai berikut :
  • Pengenalan pasar : pemasar mengetahui potensi pembeli dan mengetahui akan kebutuhannya.
  • Strategi pemasaran : merupakan kelanjutan dari pengenalan pasar, yang menyangkut strategi yang akan diterapkan dalam memasarkan barang atau jasa agar dapat diterima oleh pasar.
  • Bauran pemasaran : merupakan alat yang akan digunakan dalam menjalankan strategi yang telah dipilih dan usaha-usaha lain dalam penyampaian nilai sehingga sesuai dengan keinginan pembeli yang akan dituju.
  • Evaluasi pemasaran : dilakukan untuk melihat keberhasilan usaha-usaha pemasaran yang telah dilakukan, perlukah dilakukan perbaikan-perbaikan atau koreksi-koreksi.
Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakterteristik, dan sifat sebuah pasar. Hasil pengenalan pasar dapat saja sangat sederhana, mungkin berupa permintaan barang atau jasa dengan syarat-syarat khusus oleh kelompok orang tertentu.

Menentukan strategi pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat dan menjual barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau selera konsumen yang dituju.

Menentukan alat pemasaran yang dimaksud adalah bauran pemasaran (marketing mix) yaitu gabungan atau penggunaan kombinasi unsur-unsur seperti produk, harga, promosi, dan sebaginya yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan komposisi yan ideal, yang sesuai dengan kondisi sasaran pembeli.
Bauran pemasaran yang dimaksud bukan hanya sekedar yang kita kenal dengan 4P yaitu product, price, place, dan promotion, namun ditambah dengan distribusi, pelayanan, dan kekuasaan (power).

Menyusun rencana pemasaran harus disusun secara sistematis, namun kualitasnya sangat bergantung pada pembuatnya dan tentu akan lebih baik jika melibatkan pihak-pihak yang terkait langsung dengan proses pemasaran. Rencana pemasaran yang disusun tersebut, dapat menuntun pengusaha agar tetap mengarahkan usahanya pada pencapaian tujuan yang telah direncanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar