Minggu, 17 Januari 2010

Mengenali peluang di lingkungan terdekat saya

Formulir 2


Aktivitas dan kegiatan saya sehari – hari

  • Kuliah
  • Bantu usaha saudara saya ( berdagang)
  • Membantu orang tua
  • Beribadah
  • Belajar, menonton,bermusik dan menggambar
  • Biasanya saya melakukan kunjungan atau berpergian setiap harinya dalam waktu – waktu tertentu yaitu:
    • Rmah saudara
    • Rumah teman
    • Kampus
    • Warnet
    • Pusat perbelanjaan

Yang sangat menarik perhatian saya baik itu berupa barang – barang , pelayanan, kegiatan atau aktivitas tertentu yang saya temui:

Barang – barang atau benda : baju, topi, dompet, sepatu,handphone dll

Pelayanan : pelayanan restoran yang saya sukai,

Toko sepatu yang saya suka

Aktivitas : kumpul bareng teman – teman, kerja kelompok dengan tertib, Tamasya.

Pertanyaan:

Apakah hal tersebut menjadi bahan pemikiran anda untuk mengikuti, meniru,atau mendapatkan gagasan yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha:

YA…..

Gagasannya :

Ø berdagang,

Ø melukis

Ø menggambar,

Ø edit photo.

Ø Membuat komunitas dengan konteks sehobi dalam dunia maya seperti internet.

Ø Melukis

Ø Membuat studio musik

Yang sekiranya bias saya lakukan ialah berdagang.menggambar atau melukis.

Berdagang : saya memilih ini sebab kakek saya dulunya ialah seorang pedagang yang cukup maju, dan turun temurun dengan ayah saya. Dan saya ingijn mempelajari tekhnik – tekhniknya.

Menggambar: entah kenapa sejak SD saya suka sekali meniru gambar – gambar yang menarik, sehingga saya berkeinginan untuk menggambar nya pula

Studio musik: saya memilih ini sebab sebagian saudara saya memiliki jiwa musik, dan ini menjadio motivasi saya untuk berbisnis.

SWOT

  • Melihat kekuatan yang dimiliki seperti lokasi, sumber-sumber bahan baku yang mudah didapat, mudah dijangkau oleh konsumen atau pelanggan, dan kekuatan lainnya yang dapat dimanfaatkan.
  • Melihat kelemahan yang dimiliki agar kita tidak memaksakan diri melakukan usaha yang sebenarnya tidak dapat dilakukan karena kita memiliki kekurangan tertentu.
  • Melihat peluang yang dapat dimanfaatkan dan memberikan keuntungan.
  • Melihat ancaman terhadap usaha-usaha yang beresiko tinggi, memiliki siklus hidup yang pendek, dan tidak terukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar