Kamis, 17 Desember 2009

Perencanaan dan Operasionalisasi Usaha

Untuk memulai sebuah usaha baru perlu di buat perencanaan matang, baik yang menyangkut input,proses,output, maupun perencanaan pemasaran. Untuk membuat usaha baru,kita harus benar-benar memahami proses bisnis dari A sampai Z tentang usaha yang aka digeluti seperti bidang usaha,lokasi, perizinan,teknologi, pemasaran,dan resiko-resikonya.

Perencanaan yang baik untuk untuk sebuah usaha baru perlu di rumuskan,dan untuk itu, cobalah untuk berfikir SMART (Specific, Measurable, Achievable, Reality, Trackable),

yang dapat diuraikan satu-persatu sbb:


· Specifik, Mengandung arti bahwa perencanaan yang akan dibuat tidak akan bermakna ganda, sehingga pencapaian tujuan akan lebih terarah karena dalam perencanaan tersebut lebih fokus dan sangat jelas apa yang diinginkan

· Measurable, perencanaan yang dibuat harus dapat terukur, sehingga kita akan yahu kapan perencanaan tersebut telah tercapai.

· Achievable, Bahwa perencanaan yang telah di buat tersebut harus dapat di capai, jangan terlalu jauh memikirkan hal-hal yang besar,kita harus memecahnya menjadi lebih kecil.Bila Tidak, pikiran bawah sadar kita akan menolak karena merasa tidak mungkin mencapai tujuan yang telah direncanakan tersebut.

· Reality,Perencanaan yang baik perlu memenuhi persyaratan factual dan realistis.Artinya, apa yang dirumuskan sangat masuk akal dan rasional. Jika tidak, pikiran alam bawah sadar kita akan menolaknya.


· Trackable atau Timely, perencanaan yang telah di buat dalam pencapaian tujuan usaha, harus dapat di lacak untukmengetahui setip ke majuan.

Suatu rencan kerja yang dibuat secar tertuls dan resmi (formal) merupakan perangkat tept untuk mengendalikan usaha dan menjaga agar fokus usaha perusahaa tidak menyimpang.Perencanaan yang baik tidak di simpan di dalam pikiran, atau diluar kepala. Perencanaan demikian tidak dapat implementasikan dan mudah hilang. Untuk itu, buatlah catatan tertentu meskipun hanya coretan yang biasa saja, agar menjadi tuntutan dan mengingatkan kepada kita akan apa yang di harapkan atau apa yang kita capai.Sebagai langkah operasionalisasi berikut nya yang harus di lakukan setelah mendapat ide dan memilih cara usaha yaitu menentukan lokasi dan fasilitas pendukung, pengorganisasian dan pengolahan sumber daya manusia, pengelolahan dan pengendalian komoditi dalam proses produksi, mengarahkan semua prodak.



Randy Ramadhan

44308010014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar